Kegiatan Webinar tentang Iklim, Kualitas Udara dan Lingkungan Pada Masa Pandemi Covid-19

Pada Jumat 12 Juni 2020 lalu telah berlangsung webinar tentang Iklim, Kualitas Udara dan Lingkungan Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedeputian Klimatologi BMKG dengan menggandeng beberapa lembaga mitra yaitu Universitas Diponegoro, HAGI dan Asosiasi Ahli Atmosfer Indonesia (A3I).

Latar belakang kegiatan tersebut adalah mewabahnya Covid-19 akibat virus corona. Covid-19 ini telah menyebar secara global di 210 negara/teritorial dan menginfeksi hampir satu juta orang. Beberapa penelitian awal menyatakan bahwa penyebaran penyakit ini ikut dipengaruhi oleh kondisi suhu dan kelembapan udara.

Indonesia yang berikilim tropis dengan suhu dan kelembapan tinggi pada awalnya cukup yakin dengan hypotesa bahwa iklim akan termasuk yang menjadi faktor penghambat bagi penyebaran Covid-19.

Hasil kajian oleh Tim BMKG dan Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM yang telah disampaikan kepada Presiden dan beberapa Kementerian terkait pada tanggal 26 Maret 2020 menunjukkan adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah COVID-19.

Total jumlah peserta yang mendaftar Webinar Kedai Iklim series#1 ini adalah sebanyak 1930 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan. Dengan rincian peserta sebanyak 37% peserta berasal dari BMKG, 36% peserta berasal dari kalangan Universitas, 16% peserta berasal dari kalangan Kementrian, lembaga maupun Instansi seluruh Indonesia, 5% dari kalangan pelajar atausekolah, dan 6% sisanya dari kalangan umum.

*Sumber: Laporan Panitia Pelaksana